UA-50169594-1
Selamat Datang di Blog Saya, silahkan Membaca Postingan Tentang Tips dan trik Komputer terbaru 2014 serta Download Software and Game Gratis ... " Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya dan follow blog ini Terimakasih ^_^

Tuesday 15 April 2014

Cara Mengatasi Windows Yang Tidak Mau Booting

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Ketika kamu sedang menyalakan komputer, tetapi Windows tidak kamu booting, apa yang harus kamu lakukan? Ada berbagai penyebab ketika Windows tidak mau booting, jadi kamu harus menemukan terlebih dulu masalah tersebut.


Apakah Kamu Melakukan Perubahan?



Hal pertama yang harus kamu lakukan, pastikan perubahan terakhir yang kamu lakukan. Apakah kamu baru saja menginstall software, melakukan update Windows, menginstall driver, menambahkan hardware baru, atau kamu baru saja membongkar komputer? Bisa saja software tersebut tidak mau membuat komputer kamu booting, hardware yang kamu pasang tidak compatible, driver yang kamu install tidak cocok, atau kamu lupa memasang salah satu komponen di dalam PC dan masih banyak alasan lain dari perubahan yang kamu lakukan.

Sudah Terpasang Dengan Benar Belum Kabel Powernya?


Jika komputer kamu tidak mau menyala sepenuhnya, pastikan power dari komputer kamu terpasang dengan benar pada stopkontak listrik. Pastikan juga bila stavolt dalam keadaan menyala, jika sudah menyala tetapi komputer belum juga mau menyala mungkin kamu mengganti kabel power atau power supply. Hal lain yang harus kamu periksa jika komputer kamu tidak mau menyala adalah monitor. Jika PC sudah menyala tetapi monitor tidak mau menyala, pastikan kabel power monitor dan kabel hdmi terpasang di monitor dan PC. Dalam langkah ini kedua ini kamu harus memeriksa kelistrikan komputer kamu, jika semua sudah terpasang dengan baik tetapi komputer tidak mau nyala. Mungkin kamu harus ke langkah selanjutnya.

Muncul Black Screen dengan Pesan Error


Kalau komputer kamu sudah booting tapi dengan tampilan monitor blackscreen disertai pesan error, seperti “no bootable device” atau “disk error.” Untuk memperbaikinya, kamu harus memasuki pengaturan BIOS atau UEFI firmware, kemudian periksa pengaturan boot order dan pastikan booting komputer dari hardisk. Jika di menu tersebut tidak ada daftar hardisk, berarti hardisk kamu telah gagal dan tidak dapat melakukan booting. Dalam kasus ini kamu bisa mencoba Windows recovery dengan memasukan DVD Installasi Windows dan menjalankan Startup Repair. Hal ini dilakukan supaya Windows membuat bootable lagi. Kalau Windows sudah mau booting tetapi gagal lagi, mungkin kamu bisa mencoba langkah di bawah ini.

Windows Freeze atau Crash Ketika Booting


Ketika Windows sudah melalui proses booting tetapi gagal, entah Windows mengalami freeze atau crash, mungkin ini dikarenakan masalah software atau hardware. Jika kamu yakin ini masalah software, mungkin kamu dapat memperbaikinya dengan Startup Repair. Kalau kamu tidak bisa memasuki menu boot, masukkan DVD installasi Windows dan gunakan tool Startup Repair. Jika Startup Repair tidak bisa mengatasi masalah ini, mungkin kamu harus install ulang Windows. Kalau setelah di startup repair dan install ulang masih muncul masalah yang sama, sepertinya ini masalah hardware.

Windows Berjalan setelah itu BSOD


Blue Screen Of Death (BSOD) adalah kata yang sudah tak asing lagi bagi pengguna Windiws. Ketika kamu mengalami BSOD ketikka Windows Berjalan atau Booting, ini dikarenakan masalah hardware atau software. Sebagai contoh ketika kamu menginstall driver atau update driver yang tidak cocok atau ada hardware yang rusak.

Untuk meyakinkan kamu apakah ini kerusakan hardware atau software, kamu bisa mencoba booting Windows ke Safe Mode. Dengan Safe Mode, Windows tidak akan melakukan load driver hardware tambahan yang kamu install dan software yang berjalan otomatis waktu startup. Komputer akan berjalan secara stabil saat safe mode, cobalah uninstall driver atau software yang baru saja kamu install, melakukan system restore atau scanning malware. Jika kamu beruntung, langkah ini akan membantu kamu mengatasi masalah booting Windows kamu.

Kalau langkah ini tidak memperbaiki masalah kamu, cobalah install ulang Windows atau coba gunakan fitur Reset atau Refresh jika kamu menggunakan Windows 8. Ini akan membuat komputer kamu baru lagi, jika tetap mengalami crash, berarti ini masalah hardware.

Cara terakhir Amankan Data Kamu lalu instal ulang :D
Tutorial Instal ulang beserta Gambar

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah di tipsdantrikkomputerku :

1.Dengan kata kata yang sopan
2.Tidak Menaruh link aktif ataupun mati
3.No Spam, Sara and Po*n
4.Tidak Promosi blog

Jika Komentar relevan dengan isi postingan, saya akan balas .
Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delet.
Jika ada link yang mati segera memberitahukan, dengan cara berkomentar .
Terimakasih.

Kami hanya sekedar berbagi dan Anda memasuki dunia bajakan, SEGALA BENTUK KERUSAKAN YANG DITIMBULKAN OLEH PENGGUNAAN AKTIVATOR DITANGGUNG ANDA SENDIRI. Jika ingin yang aman tanpa resiko belilah produk asli dari pengembang software.

 
Design by Madon | Madon Copyright © 2013 Outer Glow BlackGreen